Wednesday, November 27, 2013

Dosbox Sofware untuk menjalankan program 16 bit di Windows 7 64 Bit.







             Turbo Pascal,Cobol,Qbasic dan software 16bit sejenisnya  tidak bisa dibuka di Windows 7 64-bit? Suatu waktu anda mencoba untuk membuka program tersebut  di Windows 7 64-bit, muncul pesan Program tidak kompetibel dengan Sistem Operasi PC/Lapyop kita, Seperti tulisan berikut ini :

"The version of this file is not compatible with the version of Windows you're running. Check your computer's system information to see whether you need an x86 (32-bit) or x64 (64-bit) version of the program, and then contact the software publisher”.

Bagaimana Solusinya? Yaitu dengan menggunakan Software bernama DOSBOX.

DOSBox adalah sebuah program yang meniru fungsi MS-DOS, termasuk suara, grafis, input, serta networking. DOSBox digunakan sebagian besar untuk menjalankan video games lama, yang secara khusus dibuat untuk sistem operasi MS-DOS. Tetapi tidak hanya game DOSBox ini juga dapat digunakan untuk menjalankan Program 16 bit. Anda dapat Mendownload program DOSBox di   
http://www.dosbox.com/download.php?main=1 dan pilihlah sistem operasi yang anda inginkan DOSBox memiliki format Windows, Linux, dan Mac OS X.
Tampilan dari DOSBox :



2 comments: