Saturday, April 4, 2015

Penalaran, Penalaran Deduktif dan Penalaran Induktif



PENALARAN
Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera(pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar. Ada dua jenis metode dalam menalar yaitu deduktif dan induktif.

PENALARAN DEDUKTIF
SILOGISME
Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan).
·         Silogisme katagorial
                Silogisme ini merupakan silogisme dimana semua proporsinya merupakan katagorial. Kemudian proporsisi yang mengandung silogisme disebut dengan premis yang kemudian dapat dibedakan menjadi premis mayor (premis yang termnya menjadi predikat), dan premis minor (premis yang termnya menjadi subjek).
Contoh :
– semua makhluk hidup pasti mati (premis mayor/premis umum)
– koala adalah hewan yang dilindungi (premis minor/premis khusus)
– koala pasti akan mati (konklusi/kesimpulan)

·         Silogisme hipotetik
                Yang dimaksud dengan silogisme hipotetik itu adalah suatu argumen/pendapat yang premis mayornya berupa proposisi hipotetik, sedangkan premis minornya adalah proposisi katagorik.
Contoh :
– Apabila lapar saya makan roti (mayor)
– Sekarang lapar (minor)
– Saya lapar makan roti (konklusi)

·         Silogisme alternatif
                Silogisme alternatif adalah silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif. Proposisi alternatif itu bila premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya.
Contoh :
– Dimas tinggal di bogor atau surabaya
– Dimas tinggal di surabaya
– Jadi, dimas tidak tinggal di bogor




PENALARAN INDUKTIF
·         Generalisasi
Kepada Penyidik, pelaku sudah melancarkan aksinya sebanyak 11 kali. “Pelaku juga sudah keluar masuk penjara sebanyak tiga kali. Dia merupakan residivis kasus pencurian motor.” Ujar Ali.
·         Sebab Akibat
Pada pagi hari, lokasi ini menjadi sangat macet. Kendaraan tidak bisa melaju dengan cepat akibat banyaknya jalan berlubang. Saya berharap pemerintah kota depok bisa memperbaiki kerusakan dijalan raden saleh tersebut dengan baik. Tidak hanya menambalubang juga memperhatikan saluran pembuangan air agar tidak menggenangi dan merusak  jalan kembali.
·         Analogi
Seorang anak yang baru lahir masih suci. Baik buruknya anak tersebut kelak antara lain bergantung pada bagaimana cara oran tua mendidiknya, pengaruh orang-orang terdekat dan lingkungannya. Demikian pula kertas putih yang belum bernoda, akan menjadi apa kertas tersebut tergantung pada apa yang akan kita goreskan pada kertas putih tersebut

No comments:

Post a Comment