Tuesday, May 6, 2014

Distro Linux Kuliax

Kuliax 6.0 adalah distribusi sistem GNU/Linux untuk pendidikan di universitas, khususnya Program Studi Teknologi Informasi atau yang berhubungan seperti Teknik Elektro (TE) konsentrasi Sistem Komputer dan Informatika, Teknik Informatika (TF), Ilmu Komputer (IK), dan lain-lain. Walaupun begitu tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan di lingkungan umum dan sekolah sebagai perangkat/bahan pembelajaran serta pengajaran. Kuliax 6.0 merupakan implementasi pertama dari rencana Kuliax Project, sebuah proyek untuk membawa Linux dan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source (PLBOS) ke dunia pendidikan di Universitas.


Kuliax berbentuk live CD berbasis Debian Unstable/Testing dan Knoppix yang diarahkan ke penggunaan Linux Desktop. Kuliax berisi aplikasi lengkap yang umum digunakan: perkantoran, multimedia, produktivitas, perkakas, aplikasi yang digunakan di dunia pendidikan khususnya TI/TE/TF/IK, aplikasi dan sistem yang disesuaikan dengan silabus/kurikulum (TI). Kuliax juga memberikan banyak dukungan dan fitur-fitur yang relatif baru di dunia Linux sekarang ini, seperti versi terbaru aplikasi, utilitas, dukungan kernel: sistem berkas, driver, aplikasi yang tidak ada di dalam repo Debian, dan banyak lagi.
http://ishares.files.wordpress.com/2006/12/snapshot1.png
Screen shot Kuliax
Fitur-Fitur yang ada pada Kuliax 6.0
  • Live CD
Anda dapat mencoba/menjalankan Kuliax langsung dari CD dan dapat pula diinstal di harddisk jika Anda menginginkannya.
  • Cepat dan responsive
Sistem Kuliax telah dikonfigurasi dan dioptimasi untuk penggunaan desktop, seperti tambalan -ck patchset yang didesain untuk meningkatkan
interaktifitas/latensi pada kernel Kuliax, dan lain-lain.
  • Lingkungan yang indah
Kuliax menyediakan antarmuka yang nyaman untuk bekerja.
  • Deteksi/dukungan perangkat keras dan konfigurasi otomatis
Kuliax dapat mendeteksi dan mengkonfigurasi hampir semua perangkat keras yang Anda miliki.
  • Dukungan komputer dan laptop moder
ACPI, Hibernate, WiFi driver dan utilitasnya, banyak tipe sistem berkas termasuk NTFS-3G untuk dukungan baca dan tulis sistem berkas NTFS.
  • Berisi aplikasi lengkap untuk penggunaan umum
seperti perkantoran (office), multimedia, produktivitas, utilitas, dan program-program untuk pendidikan khususnya di universitas atau pendidikan tinggi.
Status Pengembangan
  • Kuliax 6.0 telah dirilis pada tanggal 14 December 2006.
Kebutuhan Spesifikasi Minimum
  • Komputer: kelas i586 atau lebih tinggi
  • Memori/RAM 32 MB untuk modus teks dan 96 MB untuk modus GUI (direkomendasikan: 128 MB atau lebih tinggi)
  • Drive CD-ROM yang dapat di-boot
  • Kartu grafis SVGA standar
  • Tetikus standar: serial, PS/2, atau USB (modus GUI)
Berikut ini adalah tabel program-program aplikasi pada Kuliax 6.0 yang berhubungan dengan mata kuliah :
tabel kuliax 1
tabel kuliax 1
Pembahasan singkat tentang Distro Linux Kuliax :
Menurut saya distro ini sangat baik untuk para kalangan mahasiswa, karena distro ini lebih didedikasikan kepada para mahsiswa yang ingin berkutak pada sistem operasi Linux. Namanya juga mahasiswa, pasti pada suka yang gratisan, heuheuehuheu. Dan distro ini sangat cocok untuk para mahasiswa TI (Teknik Informatika), karena pada distro ini sudah banyak sekali disediakan fasilitas-fasilitas maupun program-program aplikasi untuk menunjang kebutuhan. Yuk, kita coba explore Distro Kuliax.

anda bisa mendownload gratis kuliax disini

No comments:

Post a Comment