Tuesday, December 3, 2013

Kaskus / Indowebster . Mudahan mana?


Kaskus dan Indowebster (idws) adalah dua komunitas internet paling besar di Indonesia. Saya sih nggak tau banyak soal sejarah muculnya dua komunitas ini dan siapa aja foundernya. But for me, those people were awesome.  I dare to say, merekalah yang jadi booster anak muda negeri ini jadi melek internet dan teknologi.

Banyak perdebatan tentang manakah yang lebih bagus diantara keduanya. Saya pribadi user di keduanya dan mungkin post ini akan jadi pencerahan buat yang masih bingung. As for me, I find idws more fitting for my needs. Sebelum punya id di idws saya jadi user kaskus dulu untuk beberapa lama, dan sebagai nubie saya kebingungan atau mungkin otaknya belum nyampe untuk foruman hahaha. Saya bingung mencari link download dan kesulitan dengan tidak adanya server lokal yang provide files yang saya inginkan (pada saat itu, akhir 2009). Saya akhirnya nemu file itu di web idws.
Di web idws saya sering terganjal dengan files-files berpassword dan akhirnya memutuskan untuk mencoba join di forum. Sebagai nubie, i find idws lebih memudahkan dengan sistem index forum yang sudah terpisah-pisah dan spesifik. Misalnya forum Movies dan TV series dipecah lagi jadi Movie atau TV series dan dipecah lagi jadi Movie/TV series Asian/West. Pokoknya jadi lebih gampang dan ribet harus ngubek2 thread. Ini yang enggak saya dapet di kaskus saat itu. Maka sejak itu, saya jadi lebih aktif di idws daripada kaskus.



Sebagai nubie di idws, saya sih sukurnya nggak pernah kena bata tapi pernah di PM atau dikasi warning sama TS, Momod karena post yang sekarang di idws masuknya kategori junk. Satu hal yang bikin saya betah di idws dan memang jadi main reason saya beralih dari kaskus adalah kerapian thread. Indexing thread yang detail dan konten thread yang minim junk itu jadi poin paling waw. Mengitkuti thread di idws ga capek, karena post yang ada di thread memang informatif dan minim junk. Saya paling males kalo harus udah rollback atau baca-baca thread yang panjang tapi isinya kebanyakan junk dan one-liner. Tapi bukan berarti di idws nggak bisa nge-junk, ada kok lapak-nya macam lounge atau SF pojok komunitas, hanya saja kalo post disitu nggak akan masuk post count atau nantinya kena reset thread (thread terhapus termasuk post count sejumlah yang dipost di sana).
Saya nggak ninggalin kaskus sepenuhnya, masih suka main liat-liat FJB. Hal itu yang masih sepi di idws. Atau untuk baca-baca yang unik-unik. hanya kalo untuk file sharing dan ngobrol lebih banyak di idws. Kaskus memang lebih booming dan komunitasnya lebih banyak jadi pasti sering gathering. Saya di idws juga gitu kok, ada gathering sekalian file-sharing dan karena memang tidak sebesar kaskus jadinya kita lebih kenal satu sama lain. Beberapa malah kalo lagi ke luar kota suka jalan bareng sama regional sana. User idws nggak se-strict yang keliatan di forum kok.
Kalo saya simpulkan sih gini, secara garis besar sama aja. Dua-duanya punya punya komunitas, komunitas ini juga enggak jarang aktif di kegiatan sosial, misalnya penggalangan dana bantuan kalau ada bencana, sumbangan ke panti dsb. Terlepas dari idws punya server sendiri dan lebih enak untuk file sharing sementara kaskus dengan komunitasnya yang besar jadi lebih enak buat ngobrol basic perbedaannya adalah tipe usernya. User idws bisa dibilang hardcore file-sharing, suka download entah itu game, film, serial, software2 dsb dan obrolan mereka di forum ya seputar itu. berbagi informasi tentang apa yang mereka download, makanya konten threadnya jarang-jarang ada junk. berangkat dari situ, sepertinya para momod dan punggawa idws lebih mengarah idws sebagai forum diskusi dan file-sharing bukan komunitas.

sebagai pengalaman, junker idws biasanya memang nubie-nubie dan merekalah yang sering kena warning dan bata dari user lain. kenapa? FYI aja, di idws ada general rules posting dan user serta para punggawa stick to it like superglue. Dan cobalah posisikan diri sebagai rules maker atau rules watcher lalu ngeliat post-post junk, what would you do? tiap orang memang beda, tapi saya suka thread yang rapi, biar aja sepi asal kontennya berbobot daripada rame tapi isinya “ijin download gan, thanks gan, keren nih gan, ini film apa ya gan?”

2 comments:

  1. ni info gan,

    btw id di indowebster beda beda ato sama aj. misal di forum, file,
    forum indowebster bisa login.

    nah yg di indowebster.com kok ga bisa yah?

    file juga?

    apa musti bikin id masing masing. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. id di files.indowebster.com itu perlu cuma untuk upload aja, kalo pingin download, sebaiknya buat id forum idws karena link download kebanyakan di hidden thanks dan hanya member yg bsa buka. selain itu, terkadang ada juga file yang di hidden post, artinya ada batasan minimal berapa banyak post milik kita sebelum kita boleh mendownload file itu atau cara lain yah dengan pm sang uploader, siapa tau dia mau kasih tahu linknya.
      di idws diharamkan ngejunk dan one liner, jadi kalo mau nambah post komentarnya harus berisi dan berkualitas, kalo gak bisa-bisa diberi warning sama kartu merah sama momod.. :D
      btw gw setuju sama idws, momodnya lebih telaten. post junk, sara, one liner, oot, dan thread bot langsung dibabat habis sama para momod. Walau post cuma 1000 tapi rasanya udah dewa banget, gak kayak di kaskus, post hampir puluhan ribu tapi postingnya rata2 kayak orang gak pernah belajar

      Delete